ITTS Luncurkan Inovasi Truk Listrik

Byadminkemahasiswaan

ITTS Luncurkan Inovasi Truk Listrik

Berangkat dari ide untuk membantu memecahkan permasalahan lingkungan akibat gas emisi kendaraan berjenis truk, tim Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) memulai sebuah inovasi atau tahap awal. Yakni, mengonversi truk bertenaga diesel menjadi truk bertenaga listrik.

Kerja bareng antara mahasiswa dan dosen lintas prodi yang tergabung dalam Tim Riset Pengembangan Kendaraan Listrik Autonom ITTS itu pun membuahkan hasil.

Truk listrik ITTS berhasil di-launching Rabu (22/9). Rektor ITTS Tri Arief Sardjono mengatakan, pengembangan kendaraan listrik sejauh ini lebih banyak dilakukan pada kendaraan berjenis penumpang. Inovasi truk listrik itu merupakan terobosan baru dalam mengembangkan kendaraan listrik berjenis angkutan barang. Harapannya, bisa meningkatkan efektivitas sekaligus efisiensi penggunaan bahan bakar solar yang digantikan oleh listrik.

”Ini riset yang dilakukan bareng-bareng. Di-support oleh Yayasan Pendidikan Telkom, PLN, dan juga dishub sebagai regulator,” jelasnya.

Sekretaris Dishub Jatim Luhur Prihadi berharap truk itu bisa menjadi inovasi berjangka panjang. Sementara itu, Manajer PLN UP III Surabaya Selatan Muhammad Rizlani memberikan apresiasi tinggi pada ide yang menjadi sumbangsih untuk penerapan konsep green energy tersebut. (Sumber : Redaksi.ITTSMedia)

About the author

adminkemahasiswaan administrator

Leave a Reply