Beberapa hari yang lalu atau tepatnya pada tanggal 18-19 April 2020, ITTelkom Surabaya telah mengadakan kegiatan pelantikan dan diklat secara online di tengah Pandemi COVID-19. Pelantikan dan diklat yang dimaksud adalah pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) & diklat Ormawa UKM ITTelkom Surabaya. Pelantikan BEM secara online tersebut juga melibatkan Wakil Rektor 3 yaitu Tri Agus Djoko Kuntjoro, yang bertugas menyampaikan SK Pembentukan dan Penetapan Pengurus BEM ITTelkom Surabaya Periode TA.2020/2021 dengan nama Kabinet Ruang Integritas dan dilanjut dengan Pak Rektor ITTelkom Surabaya yang memberikan sambutan & arahan serta mengambil Sumpah Jabatan secara langsung kepada Presiden BEM dan jajaran kabinetnya. Sedangkan untuk Diklat online ORMAWA-UKM, Bagian Kemahasiswaan bekerjasama dan berkolaborasi dengan Bapak Alfa Ruliyanto (CEO) Sinergie Enterprise, Konsultan UMKM dan Start up, Bapak Doddy Faisal (CEO) Cartenz HRD Konsultant Unit Diklat PLN dan PJB, serta Bapak Bobby Meidrie (CEO) PT Tranceformaasi Indonesia, Praktisis HR, dan Sekjen HPOI (Himpunan Provider Outbound Indonesia).

Kegiatan Pelantikan BEM dan Diklat Online ORMAWA UKM ini digagas oleh Bapak Noerma Pudji Istyanto, S.Kom, M.Kom selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan ITTelkom Surabaya dibantu oleh rekan kerjanya Bapak Muhammad Nasrulloh, S.Kom, M.Kom bagian Kemahasiswaan juga. Untuk peserta Pelantikan BEM dan Diklat Online ORMAWA UKM ITTelkom Surabaya sendiri terdiri dari kurang lebih 60 Mahasiswa terpilih, yaitu dari DPM, BEM, UKKI, UKKK, UKM Robotika, UKM KWU, UKM VOLLY, UKM Badminton, UKM Paduan Suara.

Kegiatan yang diadakan di Hari Sabtu dan Minggu kemarin diisi dengan beberapa rangkaian acara yang sudah disiapkan oleh panitia pelaksana. Hari pertama, Sabtu, 18 April 2020 pada pukul 08.00 hingga 09.00 dimulai dengan proses pelantikan BEM terlebih dahulu oleh rektor, warek 3, perwakilan senior leader, dosen serta perwakilan mahasiswa lainnya. Acaranya cukup berjalan khidmat meskipun dilakukan di tengan pandemi COVID-19 ini mulai dari prosesi menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars ITTelkom Surabaya, kemudian pembacaan SK Pembentukan dan Penetapan Kepengurusan BEM ITTelkom Surabaya, di lanjut sambutan dan arahan langsung dari Pak Rektor, sebelum dibacakan/dipandu langsung oleh beliau terkait sumpah jabatan kepengurusan yang diikuti oleh Presiden BEM beserta kabinet kerjanya. Setelah proses pengambilan sumpah jabatan, pak rektor sekaligus membuka secara simbolis diklat online ORMAWA-UKM, selanjutnya doa serta menyanyikan hymne ITTelkom Surabaya sebagai penutup.

Setelah prosesi Pelantikan BEM, kegiatan dilanjutkan Diklat Online selama 2 hari, dimana setiap hari ada 2 sesi yang sangat menarik, mulai dari materi super team, event management, business model canvas, serta object & key results. Harapan diadakannya pembekalan materi ini dapat dirasakaan manfaatnya serta diaplikasikan di ORMAWA UKM masing-masing dan bisa meningkatkan kapabiltas leadership dan Manajemen Organisasi rekan-rekan mahasiswa untuk memajukan ORMAWA dan UKM-nya untuk mengharumkan nama ITTelkom Surabaya. Adanya prosesi Pengukuhan Presiden BEM beserta jajarannya di Kabinet Kerja bernama “Ruang Integritas” ini, sebagai momentum bersejarah kepengurusan BEM yang pertama di ITTelkom Surabaya. Walaupun saat ini dilanda Pandemi COVID-19, Civitas Akademika ITTelkom Surabaya termasuk juga Pengurus BEM bersama Pengurus ORMAWA dan UKM lainnya tetap bisa belajar produktif dari rumah tidak hanya secara akademik tetapi juga non-akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *