Sebagai institusi yang menfokuskan pada implementasi ICT, ITTelkom Surabaya mendapat kepercayaan dari Telkom Regional V untuk dapat terlibat dalam proyek Digitalisasi SPBU Pertamina. Proyek yang dilaksanakan oleh secara nasional ini, mendapat dukungan penuh dari Telkomgroup yang memiliki kapabilitas ICT terdepan di wilayah Indonesia. Kerjasama dengan IT Telkom Surabaya dilakukan dengan melibatkan ITTS dalam pendampingan operasional di SPBU yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur.

Bertempat di Aula Ketintang, Arif Wibisono selaku OSM Telkom Akses Regional V Jawa Timur melakukan kunjungan kerja kepada jajaran Rektorat ITTelkom Surabaya untuk membahas kerjasama dalam proyek Digitalisasi SPBU. Arif Wibisono menyampaikan rasa optimis dengan adanya dukungan dari ITTS dalam upaya percepatan penyelesaian proyek digitalisasi SPBU Pertamina. Sampai dengan akhir Maret 2020, ditargetkan sekitar 1150 SPBU dapat terintegrasi dalam proyek digitalisasi ini. Digitalisasi SPBU ini meliputi perubahan bisnis proses di SPBU pertamina dari mulai proses supply bahan bakar sampai dengan proses penjualan langsung kepada konsumen. Diharapkan dengan proyek ini, pengelolaan SPBU menjadi lebih efisien dan mencegah terjadinya kebocoran pemakaian bahan bakar. Dukungan yang diharapkan kepada ITTS dalam tahap awal project ini, adalah menyediakan pendampingan bagi operator SPBU agar dapat mengoperasikan sistem yang baru diimplemetasikan dengan baik. Rektor ITTS, Dr. Tri Arif Sardjono, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Telkom untuk terlibat dalam proyek ini. Keterlibatan civitas akademika ITTS dalam hal ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga. Disamping itu, para dosen ITTS juga dapat memperoleh peluang dalam  pengembangan penelitian  terkait pengolahan data (Big Data Analytics) dari hasil digitalisasi ini. Demi kelancaran  proyek, Rektor ITTS langsung menugaskan Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor 3 (Bagian Kemahasiswaan) untuk melakukan assignment terhadap dosen dan mahasiswa yang akan terlibat dalam proyek ini.

Sehari setelah dilaksakan pertemuan antara ITTS dan PT Telkom Akses tersebut, dilakukan Training terhadap mahasiwa yang akan terlibat dalam pendampingan Digitalisasi SPBU. Bertempat di Kampus ITTS Gayungan, Tim dari TelkomAkses memberikan pembekalan terhadap para mahasiwa yang akan terjun ke lapangan. Para mahasiwa terlhat sangat antusias dalam mengikuti training tersebut. Sekitar 70 mahasiwa nantinya akan terlibat langsung dalam proyek ini, didampingi oleh para dosen pembimbing. Sinergi Telkomgroup ini diharapkan akan dapat terus dikembangkan  dan diimplementasikan dalam berbagai proyek di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *